Cara Termudah Untuk Memasak Lezat Kue Lapis Tenun

Kue Lapis Tenun. KOMPAS.com – Tenun merupakan kain tradisional khas Indonesia. Namun, motif tenun bukan hanya bisa diaplikasikan di kain saja. Sekran motif tenun juga jadi tren untuk motif kue lapis.

Kue Lapis Tenun Lapis tenun ini pada dasarnya merupakan resep kue lapis sagu dan lapis beras. Proses pembuatannya hampir sama dengan kue lapis sagu dan beras yang dibuat per lapis. Hanya saja, pada tiap lapisnya dibuat motif bersusun dengan aneka warna. Kamu bisa memasak Kue Lapis Tenun menggunakan 21 bahan dan 13 langkah-langkahnya. Begini caranya memasaknya.

Bahan-bahan dari Kue Lapis Tenun

  1. Mempersiapkan of Bahan 1.
  2. Kamu memerlukan 2400 ml of santan (dari 2butir kelapa).
  3. Kamu memerlukan 2 lbr of daun pandan simpulkan.
  4. Mempersiapkan 550 gr of gula pasir (tambah 50gr jk suka manis).
  5. Kamu memerlukan 1/2 sdt of garam.
  6. Mempersiapkan of 2 Bahan.
  7. Mempersiapkan 500 gr of tepung tapioka.
  8. Mempersiapkan 500 gr of tepung terigu.
  9. Kamu memerlukan 2 sdm of air kapur sirih.
  10. Kamu memerlukan of Bahan tambahan.
  11. Kamu memerlukan sesuai selera of Pewarna.
  12. Mempersiapkan 1 sdt of perisa leci (saya vanilla).
  13. Kamu memerlukan 3 sdm of tepung tapioka.
  14. Mempersiapkan 1 sdt of Pewarna putih.
  15. Mempersiapkan of Peralatan yg dibutuhkan.
  16. Kamu memerlukan of Loyang kotak 22x22x6,5.
  17. Kamu memerlukan 3 mangkuk of ukuran sedang.
  18. Kamu memerlukan 2 mangkuk of ukuran besar.
  19. Mempersiapkan 3 botol of ujung runcing.
  20. Mempersiapkan 2 of gelas takar.
  21. Mempersiapkan jika perlu of Weker / alarm.

Hasilnya, terciptalah motif mirip tenun yang sangat cantik. Selain itu juga terinspirasi oleh postingan mbak Aynun. Well, Terimakasih banyak buat bunda Eka dan mbak Aynun atas sharingnya, semoga selalu sukses, diberi kesehatan dan. Setelah adonan matang dan padat, keluarkan kue dari pengukus, lalu dinginkan terlebih dahulu.

Kue Lapis Tenun instruksi

  1. Siapkan bahan dan alat nya. Campur bahan 1 lalu masak sambil terus diaduk hingga matang mendidih, sisihkan biarkan hingga suhu ruang. Angkat daun pandannya. Rencanakan dulu mau pakai warna apa ya..
  2. Endapkan kapur sirih, nantinya yg dipakai itu air yg beningnya ya..
  3. Setelah bahan 1 sudah suhu ruang campur bahan 2 kedalam bahan 1 aduk rata lalu saring supaya hasilnya tdk bergerindil.
  4. Siapkan 3 mangkuk ukuran sedang isi 2 mangkuk dgn adonan masing-masing 150ml (merah dan biru) dan 1 mangkuk isi dgn adonan 75ml saja (kuning)lalu beri warna ke masing-masing mangkuk sesuai rencana, lalu tambahkan 1sdm tepung tapioka kedalam masing-masing mangkuk aduk rata lalu masukkan kedalam botol yg sdh disediakan. Sisihkan.
  5. Siapkan 2 mangkuk ukuran besar, isi 1 mangkuk dgn adonan 750ml beri pewarna dan adonan sisa nya(biarkan putih) beri pewarna putih. Aduk rata.
  6. Nah, untuk memudahkan saya buat skema ini, jadi setiap garis itu melambangkan lapisan (1-25 lapis)supaya tdk lupa saya juga tuliskan di samping garisnya warna dan takaran adonan yg harus di masukkan. Sedangkan B, M, K, M, B (B =biru, M=merah, K=kuning) adalah warna yg akan dipakai sebagai corak atau larik. Jumlah larik nya ada 5 (boleh juga 6). simpan skema ini dmna saja yg bisa dgn mudah terlihat, nanti stiap habis memasukkan adonan langsung di centang ✔ supaya tdk lupa/terlewat..
  7. Kita mulai ya, pertama panaskan kukusan(lapisi tutup nya dgn serbet), oles loyang dgn minyak sayur masukkan kedalam kukusan, stelah kukusan beruap banyak tuang lapisan 1 ratakan dgn sendok. Lalu kukus selama 5 menit, setelah 5 menit masukkan lapisan 2. Kukus 5 menit jangan lupa setiap akan memasukkan adonan di aduk dulu supaya tdk ada yg mengendap, dan juga sebelum memasukkan adonan pastikan dulu seluruh permukaan lapisan sebelumnya harus sdh matang/mengeras..
  8. Nah ini sudah lapisan ke 4 ya, setelah lapisan ke 4 mengeras buatlah garis bantu di atas lapisan dgn menggunakan sendok dimulai dari pojok kiri loyang (mentok loyang) jarak antar garis harus sama ya, buat 5 garis yg nantinya sbg tanda untuk membuat larik/motifnya. Setelah itu tuang satu persatu adonan warna (kocok terlebih dahulu)dan kukus 5 menit, setelah itu masukkan adonan lapisan ke 5(warna putih) kukus 5 menit.
  9. Setelah 5 menit nantinya garis warna tadi masih akan terlihat nah sekarang masukkan adonan warnanya bergeser ke kanan dari garis sebelumnya, dgn memperhatikan hasil sebelumnya yg masih berbayang ya. Lakukan hal ini sampai lapisan ke 15 dgn menaruh adonan warnanya terus bergeser ke kanan. Jgn lupa selalu cek kematangan lapisan sebelum menuang adonan.
  10. Nah ini sudah lapisan ke 15, tandanya garis paling pojok kanan sudah mentok ke loyang, nah sekarang waktunya merubah arah menuang adonan menjdi geser ke kiri..
  11. Lakukan hingga garisnya sekarang mentok ke pojok kiri loyang (lapisan ke 21) lalu tuang adonan lapisan ke 22 dan seterusnya hingga seluruh lapisan habis. Nah pas di lapisan terakhir kukus nya 25-30 menit. Karena punya saya adonan warnanya masih sisa saya buat motif di atasnya..
  12. Stelah lapisan terakhir dikukus 25-30 menit angkat dan diam kan 6 jam disuhu ruang. Jangan coba-coba di iris sebelum 6 jam gaes nanti mlh jadi jelek..
  13. Setelah 6 jam keluarkan dari loyang dan iris dgn pisau yg dilapisi plastik, irisnya tancapkan pisau lalu tarik dgn mantap. Punya saya krg rapi ngirisnya😌.

Terakhir, potong-potong kue lapis sesuai selera. Itulah resep dan cara membuat kue lapis tenun yang enak. Kamu bisa menyimpannya di kulkas supaya bisa lebih tahan lama, hingga dua hari. Lihat juga resep Kue Lapis tenun enak lainnya! Kue ini memiliki tiga lapis dengan dua warna yakni kuning dan cokelat.

Cara Termudah Untuk Memasak Lezat Kue Lapis Tenun
Cara Termudah Untuk Memasak Lezat Kue Lapis Tenun
Cara Termudah Untuk Memasak Lezat Kue Lapis Tenun
Cara Termudah Untuk Memasak Lezat Kue Lapis Tenun
Cara Termudah Untuk Memasak Lezat Kue Lapis Tenun

Cara Termudah Untuk Memasak Lezat Kue Lapis Tenun

Cara Termudah Untuk Memasak Lezat Kue Lapis Tenun