Bagaimana Caranya Mempersiapkan Sempurna Kue Lapis Ubi

Kue Lapis Ubi. Gak tau kenapa ya, aku tuh kalo liat ubi ungu itu maunya langsung dibeli aja. Kadang sampe nitip-nitip minta minta dibeliin kalo ada ubi ungu gitu. Karena kalo ubi ungu itu mau dibuat apapun hasil warnanya tuh cantiik banget dan ini juga warna.

Kue Lapis Ubi Resep kue lapis ubi ungu bisa anda praktikan di rumah. Bahan-bahan untuk membuatnya mudah dijangkau dan ekonomis. Nah, berikut ini kami sajikan resep beserta cara membuat kue lapis ubi ungu untuk memudahkan anda ketika membuatnya di rumah. Kamu bisa memasak Kue Lapis Ubi menggunakan 12 bahan dan 9 langkah-langkahnya. Begini caranya melakukannya.

Bahan-bahan dari Kue Lapis Ubi

  1. Kamu memerlukan 350 gr of kelapa parut(1 btr kelapa), peras santannya sebanyak 1000 ml.
  2. Mempersiapkan 2 lbr of daun pandan.
  3. Mempersiapkan 1/2 sdt of garam.
  4. Mempersiapkan 270 gr of gula pasir.
  5. Mempersiapkan 240 gr of tepung tapioka.
  6. Mempersiapkan 135 gr of tepung beras.
  7. Mempersiapkan 45 gr of tepung hunkwe.
  8. Kamu memerlukan 1/2 sdt of vanili.
  9. Kamu memerlukan 120 gr of ubi ungu (ditimbang setelah dikupas), kukus.
  10. Kamu memerlukan 120 gr of ubi kuning (ditimbang setelah dikupas), kukus.
  11. Kamu memerlukan 1 tetes of pewarna ungu.
  12. Kamu memerlukan 2 tetes of pewarna kuning tua.

Kali ini kami sajikan resep membuat Kue Lapis Ubi Ungu. Gurihnya kelapa, yang dipadukan dengan ubi dan singkong serta coklat leleh menambah lezatnya kue lapis ini. For example, the colourful steamed kue lapis and the rich kuih bingka ubi are also available in Myanmar, Thailand, and Vietnam. In the Philippines, kuih are referred to in Tagalog as kakanin.

Kue Lapis Ubi langkah-langkahnya

  1. Siapkan semua bahan. Masak santan bersama daun pandan dan garam smp mendidih, aduk terus ya…setelah mendidih, matikan api tp tetep diaduk terus smp uapnya hilang (menghindari santan pecah). Kemudian timbang santannya 850 gr. Biarkan hangat..
  2. Dlm keadaan masih hangat masukkan gula pasir ke dlm santan masak tadi. Aduk smp gula larut. Sisihkan..
  3. Campur ketiga macam tepung, yaitu tepung tapioka, tepung beras, tepung hunkwe. Masukkan campuran tepung ke larutan santan dan gula tadi(atau sebaliknya, tuang santan ke tepung), masukkan sedikit2 sambil diaduk dgn whisker. Beri vanili, aduk rata..
  4. Haluskan ubi ungu dan 200 ml larutan santan-tepung tadi, blender smp halus. Kalo aku pas bikin kebetulan listriknya mati, jd gak pake blender ataupun chopper…ubinya aku penyet2 dgn ulekan yg dibungkus plastik. Baru dicampur dgn 200 ml larutan santan-tepung, aduk rata pake sendok. Sisihkan. Begitu juga untuk ubi yg kuning, shg didapat 2 larutan yg ungu dan kuning. Maaf…fotonya agak gelap…mati listrik…🙏.
  5. Sisa larutan santan-tepung(yg warna putih) dibagi 2 sama banyak. Masing2 disaring. Yg satu campur dgn larutan ubi ungu, sedangkan yg lain dgn ubi kuning. Jangan lupa disaring ya….
  6. Masukkan larutan ubi ungu ke dlm satu bagian larutan santan-tepung tadi, memasukkannya dgn cara disaring. Aduk rata. Begitu juga untuk ubi kuning. Adonan ubi ungu aku tambahkan 1 tetes pewarna ungu, dan adonan ubi kuning 2 tetes pewarna kuning tua..
  7. Adonan siap dikukus. Siapkan loyang ⬜ ukuran 16 x 16 x 7 cm, dioles minyak dan dilapis plastik, dioles minyak lagi. Panaskan dandang untuk mengukus, tutup dandang dibungkus kain, gunakan api sedang. Dan siapkan 2 sendok sayur yg ukurannya sama untuk melapis, tiap lapis aku tuang 5 sendok sayur spt di gambar..
  8. Jika dandang sdh panas, tuang 5 sendok sayur adonan ubi kuning. Kukus 5 menit. Tuang 5 sendok sayur adonan ubi ungu, kukus 5 menit, begitu seterusnya berlapis2 smp adonan habis(terakhir adonan ungu). Terakhir kukus 25 menit..
  9. Setelah matang biarkan smp dingin dulu. Baru dipotong2 dgn pisau yg dioles minyak atau pisaunya dilapis plastik (pisauku aku lapis dgn plastic wrap)..

Kuihs are not confined to a certain meal but can be eaten throughout the day. Banyak sekali aneka kue basah dari ubi adalah kue tradisional Nusantara, sementara itu beberapa kue lain. Seperti kue lapis legit, risoles, pastel dan panekuk menunjukkan bahwa ada pengaruh budaya Eropa, yaitu Belanda dan Portugis. Kreasi kue lapis singkong kali ini berbeda dengan kue lapis pada umumnya. Rasanya yang enak dengan taburan kelapa parut di atasnya menjadikan kue ini semakin menggugah selera.

Bagaimana Caranya Mempersiapkan Sempurna Kue Lapis Ubi
Bagaimana Caranya Mempersiapkan Sempurna Kue Lapis Ubi
Bagaimana Caranya Mempersiapkan Sempurna Kue Lapis Ubi
Bagaimana Caranya Mempersiapkan Sempurna Kue Lapis Ubi
Bagaimana Caranya Mempersiapkan Sempurna Kue Lapis Ubi

Bagaimana Caranya Mempersiapkan Sempurna Kue Lapis Ubi

Bagaimana Caranya Mempersiapkan Sempurna Kue Lapis Ubi